Sabtu, 25 Juni 2016

Saklar impuls,pengertian,cara kerja, instalasi saklar impuls

SAKLAR IMPULS




Pengertian Saklar Impuls

        Saklar impuls adalah saklar yang bekerja dengan menggunakan prinsip elektro magnetis. Ketika tegangan masuk kedalam coil maka akan menggerakkan tuas saklar. Pada pengoperasiannya saklar impuls dibantu dengan tombol tekan , yaitu sebuah alat yang dapat menghubungkan dan memutuskan rangkaian dalam keadaan berbeban(bertegangan) tanpa adanya penguncian.




simbol saklar impuls pada diagram lokasi
simbol saklar impuls pada diagram pengawatan
simbol saklar impuls pada diagram kerja



Saklar impuls diciptakan untuk menyempurnakan saklar silang , yang memang dapat menyalakan lampu pada banyak tempat, namun menggunankan banyak kabel dan juga harus membongkar rangkaian apabila ingin menambah jumlah dari pengoperasian saklar.

Dengan adanya saklar ini, akan mempermudah penginstalan, lebih baik dari segi tampilan, dan akan lebih murah apabila ingin menambah jumlah tombol tekannya.


Cara kerja saklar impuls:


cara kerja dari saklar impuls akan sangat mudah dipahami melalui diagram chart
Note : Lampu sebagai beban impuls

Pada saat t1 posisi tombol tekan stanby , kemudian tombol ditekan selama t2(kira-kira 1 detik) kemudian dilepas,  pada saat tombol ditekan lilitan impuls mendapat tegangan 220 volt yang akan menimbulkan medan magnet yang menggerser tuas saklar impuls sehingga lampu menyala, lalu lilitan tidak mendapat tegangan lagi karena tombol dilepas. 
   
  Kemudian dibiarkan selama t3 , selama waktu t3 lampu tetap menyala , karena saklar impuls memiliki penguncian sehingga tegangan masih mengalir ke lampu.

 Lalu tombol ditekan kembali selama t4(kira-kira 1 detik) kemudian dilepas, pada saat tombol ditekan lilitan impuls mendapat tegangan 220 volt yang akan menimbulkan medan magnet yang menggerser tuas saklar impuls sehingga lampu padam, lalu lilitan tidak mendapat tegangan lagi karena tombol dilepas. 

"Apabila tombol di tekan dan ditahan selama 2 detik, 3 detik, atau n detik kemudian di lepas ini ga akan mempengaruhi kerja saklar impuls." ini karena impuls memiliki dua kontak yaitu kontak "ON" dan kontak "OFF".

proses ini terus berulang ulang sampai t=n .

Intinya,
ketika tombol ditekan lampu menyala
tombol ditekan kembali maka lampu padam,
jika tombol ditekan lagi lampu akan menyala,
 dan jika Tombol ditekan lagi lampu padam.
begitu seterusnya.



Instalasi saklar impuls

Berikut ini adalah gambar instalasi saklar impuls dengan 5 buah tombol tekan,yang dapat memadamkan dan menyalakan 2 buah lampu secara bersamaan dalam 5 tempat yang berbeda.

Diagram lokasi

diagram pengawatan

Diagram kerja



Kesimpulan

 1. Saklar impuls adalah alat yang bekerja dengan prinsip elektromagnetik.
 2. Saklar impuls dapat menghubungkan dan memutuskan rangkaian pada banyak tempat.
 3. Saklar impuls bekerja hanya jika dipadukan dengan tombol tekan.
 4. Memperindah dekorasi
 5. Mempermudah instalasi
 6. Harga penginstalan lebih murah.











0 komentar:

Posting Komentar