Selasa, 10 Februari 2015

Pengertian Antrasena, gambar, bentuk molekul, kegunaan dan bahaya Antrasena

ANTRASENA

A.pengertian
Antrasena berasal dari kata ănthrəsēn yang berarti kunci. Antrasena adalah senyawa organik padat yang berasal dari tar batubara. Antrasena berbentuk kristal (seperti pasir atau gula) tak berwarna hingga berwarna kuning muda denganmemendarkan warna kebiruan.
 Tar batubara mengandung sekitar 1,5% antrasena dan tetap menjadi sumber utama bahan ini.  Pada tahun 2010, band penyerapan kuat antrasena diamati sepanjang garis pandang ke bintang di cluster terbuka IC 348, dan ini mungkin terkait dengan awan molekul intervensi.  Lebih dari 20% dari karbon di alam semesta mungkin berhubungan dengan PAH, termasuk antrasena.
Antrasena komersial diperoleh dari tar batubara, kotoran umum adalah fenantrena dan karbazol. Sebuah metode laboratorium klasik untuk persiapan antrasena adalah dengan cyclodehydration dari diarylketones o-metil atau o-metilen-diganti dalam apa yang disebut reaksi Elbs.
Antrasena Meleleh pada 218 °C dan mendidih pada 354 °C. Ketika murni tidakberwarna dan memiliki fluoresensi violet;yaitu gelap saat terkena sinar matahari.
Antrasena tidak larut dalam air tetapi cukup larut dalam karbon disulfida dan agak larut dalam etanol, metanol, benzena, kloroform, dan pelarut organik lainnya. Hal ini mudah teroksidasi untuk membentuk antrakuinon, senyawa induk dari seri alizarin pewarna. Antrasena juga akan bereaksi dengan oksigen singlet dienophile dalam [4 + 2] -cycloaddition (reaksi Diels-Alder).
Struktur molekul antrasena terdiri dari tiga benzenelike cincin bergabung berdampingan; maka dengan demikian senyawa aromatik. Ini adalah anggota pertama dari seri antrasena, sekelompok hidrokarbon aromatik yang secara struktural.Antrasena memiliki rumus molekul C14H10 .

B. Bentuk molekul
Antrasena memiliki rumus molekul C14H10.


selengkapnya download file versi wordnya


0 komentar:

Posting Komentar